TENTANG KAMI

 

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

Kokohnya sebuah perusahaan tidak akan bernilai tanpa dijalankannya amanah tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility–CSR) atau kemitraan bina lingkungan. Komitmen itulah yang dijaga Terminal Teluk Lamong sebagai operator jasa kepelabuhanan baru yang bersinggungan langsung dengan masyarakat maupun lingkungan di sekitar. CSR merupakan komitmen perusahaan untuk membangun kualitas kehidupan yang lebih baik bersama masyarakat sekitar dan lingkungan sosial tempat perusahaan berada yang dilakukan secara berkelanjutan. Dengan kata lain, ada program untuk membuat Perusahaan semakin dekat dengan masyarakat di sekitar pelabuhan atau terminal.

Ruang lingkup CSR yang dijalankan Terminal Teluk Lamong mengacu pada ISO 26000 yang meliputi 7 (tujuh) bidang kerja, diantaranya adalah the environment atau kepedulian terhadap lingkungan sekitar dengan melakukan berbagai perbaikan alam dan lingkungan di sekitar pelabuhan demi keamanan dan kenyamanan masyarakat sekitar Terminal Teluk Lamong. Bidang lain meliputi social development dengan memerhatikan perkembangan sosial di sekitar perusahaan, serta human rights dengan memerhatikan hak asasi manusia di sekitar perusahaan, mendengarkan aspirasi, dan menghormati segala kegiatan warga sekitar.

Terminal Teluk Lamong juga menjalankan organizational governance atau bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk mewujudkan program yang menguntungkan semua pihak yang meliputi perusahaan, pemerintah, maupun warga sekitar. Demikian juga dengan labor practice melibatkan langsung warga sekitar sebagai salah satu bagian penting dalam perkembangan perusahaan. Selanjutnya adalah fair operating practices untuk menjadikan warga sebagai bagian dalam kinerja Terminal Teluk Lamong dengan berbagai persyaratan mutlak yang harus dipenuhi, juga consumer issues atau memerhatikan segala keluh kesah konsumen dengan berbagai perbaikan di segala bidang.

Sejumlah program yang telah disusun adalah membangun community development, diantaranya peningkatan ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial-budaya, dan infrastruktur di lingkungan perusahaan. Kehadiran community development diharapkan bisa memberikan kontribusi terhadap aktivitas Perusahaan yang berada di sekitar masyarakat. Sebelum melangkah jauh, dibutuhkan peran aktif Perusahaan guna membangun lingkungan yang saling memberi kontribusi.

Untuk memastikan bahwa program-program yang dicanangkan tepat sasaran, dilakukan pemetaan sosial (social mapping). Pemetaan sosial dilakukan dengan melibatkan Pemangku Kepentingan yang terdiri atas masyarakat, pemerintah setempat (mulai yang paling bawah hingga paling atas), pelanggan, mitra bisnis, dan perusahaan induk.

Pemetaan sosial dilakukan terhadap area yang berdampak langsung dengan aktivitas perusahaan. Hasilnya, ditemukan dua area yang berdampak langsung maupun tidak langsung, yakni Ring 1 dan Ring 2. Wilayah Ring 1 terdiri dari masyarakat yang bersinggungan langsung dengan aktivitas perusahaan. Dalam pemetaaan sosial ditemukan 6 (enam) kelurahan dan 3 (tiga) kecamatan di wilayah Surabaya serta 2 (dua) desa dan 1 (satu) kecamatan di kawasan Gresik. Kelurahan yang berdampak langsung adalah Kelurahan Tambak Osowilangun, Romokalisari (keduanya di Kecamatan Benowo), Genteng Kalianak, Tambaksarioso (keduanya di Kecamatan Asemrowo), serta Morokrembangan (Kecamatan Krembangan). Tiga kecamatan tersebut masuk wilayah Surabaya. Sementara itu, yang masuk wilayah Gresik adalah Desa Tenggulunan dan Karangkiring di Kecamatan Kebomas.

Selain memetakan wilayah Ring 1, Terminal Teluk Lamong juga memetakan Ring 2 yang di dalamnya terdapat 4 (empat) kelurahan di 3 (tiga) kecamatan di Surabaya. Kelurahan yang tidak berdampak langsung atau masuk Ring 2 adalah Manukan Wetan, Balongsari (keduanya di Kecamatan Tandes), Sumber Rejo (Kecamatan Pakal), dan Dupak (Kecamatan Krembangan).

Pemetaan sosial juga perlu dibarengi dengan pelaksanaan focus group discussion (FGD) guna memenuhi kebutuhan warga sesuai dengan kebijakan perusahaan. Dalam FGD, masyarakat diminta menyusun daftar kebutuhan untuk diajukan kepada Manajemen. Pemetaan sosial tersebut memudahkan penyaluran bantuan sekaligus memudahkan penyusunan program kerja selanjutnya.

alert and report
vessel schedule

VESSEL SCHEDULES

 

01

HIJAU SAMUDRA 15/19 / 16/19

ETB : 15/10/2019 17:00

ATB : 15/10/2019 21:36

ETD : 17/10/2019 08:00

ATD : -

Open Stack : 10/10/2019 17:00

Closing Time Container :

16/10/2019 08:00

02

AS COLUMBIA 0025S / 0025N

ETB : 15/10/2019 18:00

ATB : 15/10/2019 17:42

ETD : 16/10/2019 13:00

ATD : -

Open Stack : 10/10/2019 18:00

Closing Time Container :

15/10/2019 16:00

03

SEMANGAT MAS 11219 / 11219

ETB : 15/10/2019 20:00

ATB : 15/10/2019 18:24

ETD : 16/10/2019 16:00

ATD : -

Open Stack : 10/10/2019 20:00

Closing Time Container :

16/10/2019 08:00

04

FORTUNE IRIS 01 / 01

ETB : 15/10/2019 21:00

ATB : 15/10/2019 20:12

ETD : 19/10/2019 11:00

ATD : -

Open Stack : 10/10/2019 21:00

Closing Time Container :

14/10/2019 17:00

05

MERATUS BORNEO 1934 / 1935

ETB : 17/10/2019 05:00

ATB : -

ETD : 18/10/2019 03:00

ATD : -

Open Stack : 12/10/2019 05:00

Closing Time Container :

17/10/2019 20:00

06

SUNGAI MAS 6419 / 6419

ETB : 17/10/2019 08:00

ATB : -

ETD : 19/10/2019 00:30

ATD : -

Open Stack : 12/10/2019 08:00

Closing Time Container :

17/10/2019 02:00

07

SITU MAS 7319 / 7319

ETB : 17/10/2019 08:00

ATB : -

ETD : 19/10/2019 00:30

ATD : -

Open Stack : 12/10/2019 08:00

Closing Time Container :

17/10/2019 02:00

08

YM EFFICIENCY 127S / 127N

ETB : 17/10/2019 08:00

ATB : -

ETD : 18/10/2019 12:30

ATD : -

Open Stack : 12/10/2019 08:00

Closing Time Container :

17/10/2019 02:00

09

MENTARI EXPRESS 11019 / 11019

ETB : 17/10/2019 16:00

ATB : -

ETD : 18/10/2019 03:30

ATD : -

Open Stack : 12/10/2019 16:00

Closing Time Container :

16/10/2019 10:00

10

MERATUS LARANTUKA 1920 / 1921

ETB : 17/10/2019 23:00

ATB : -

ETD : 19/10/2019 05:30

ATD : -

Open Stack : 12/10/2019 23:00

Closing Time Container :

17/10/2019 17:00

11

LINTAS BARITO LB1009S / LB1009N

ETB : 18/10/2019 03:00

ATB : -

ETD : 19/10/2019 03:00

ATD : -

Open Stack : 13/10/2019 03:00

Closing Time Container :

17/10/2019 21:00

12

ALFA TRANS SATU 332RTN / VI-333

ETB : 18/10/2019 08:00

ATB : -

ETD : 18/10/2019 14:30

ATD : -

Open Stack : 13/10/2019 08:00

Closing Time Container :

18/10/2019 02:00

13

MULIANIM 29/19 / 30/19

ETB : 19/10/2019 06:00

ATB : -

ETD : 20/10/2019 06:00

ATD : -

Open Stack : 14/10/2019 06:00

Closing Time Container :

19/10/2019 00:00

14

KALI MAS 5519 / 5519

ETB : 19/10/2019 10:25

ATB : -

ETD : 20/10/2019 10:00

ATD : -

Open Stack : 14/10/2019 10:25

Closing Time Container :

19/10/2019 04:25

15

CURUG MAS 6819 / 6819

ETB : 19/10/2019 14:00

ATB : -

ETD : 20/10/2019 07:30

ATD : -

Open Stack : 14/10/2019 14:00

Closing Time Container :

19/10/2019 08:00

16

TANTO REJEKI 264A / 265A

ETB : 19/10/2019 16:00

ATB : -

ETD : 20/10/2019 01:30

ATD : -

Open Stack : 14/10/2019 16:00

Closing Time Container :

19/10/2019 10:00

17

LINTAS BENGKULU BKL018S / BKL018N

ETB : 20/10/2019 13:00

ATB : -

ETD : 21/10/2019 13:00

ATD : -

Open Stack : 15/10/2019 13:00

Closing Time Container :

20/10/2019 07:00

18

BAVARIA 941S / 943N

ETB : 20/10/2019 20:00

ATB : -

ETD : 22/10/2019 00:30

ATD : -

Open Stack : 15/10/2019 20:00

Closing Time Container :

20/10/2019 14:00

19

SSI DIGNITY 0 / 0

ETB : 21/10/2019 09:00

ATB : -

ETD : 23/10/2019 11:00

ATD : -

Open Stack : 16/10/2019 09:00

Closing Time Container :

21/10/2019 03:00

20

KMTC NHAVA SHEVA 1910S / 1910N

ETB : 21/10/2019 18:00

ATB : -

ETD : 22/10/2019 16:30

ATD : -

Open Stack : 16/10/2019 18:00

Closing Time Container :

21/10/2019 12:00

21

BILLY JIM 17-L / 0

ETB : 25/10/2019 00:00

ATB : -

ETD : 28/10/2019 00:30

ATD : -

Open Stack : 20/10/2019 00:00

Closing Time Container :

24/10/2019 18:00

WhatsApp Connect

 

LIVE CHAT

QUICK INQUIRIES

CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image